Perbedaan Aplikasi/Software Berbasis Web dan Software Desktop

Dari sekian banyak pertanyaan yang masuk ke kami tentang software-software yang ada diperusahaan kami, yang paling mencolok adalah apakah software berbasis web harus terkoneksi dengan internet????, nah dengan banyaknya pertanyaan tersebut maka kami memberikan penjelasana sedikit sebagai berikut :

  • Web based berjalan menggunakan  basis teknologi web (bisa dengan internet atau tanpa internet) dan   browser (jadi tidak perlu koneksi internet juga bisa dijalankan dengan syarat ada browser seperti Firefox, Google Chroom, IE, Safari, dll. dan juga harus memiliki web server serperti Appserver, Xampp, dll) sedangkan desktop based  application dapat berjalan sendiri atau independen tidak menggunakan browser dan biasanya telah  ditentukan dapat berjalan di platform atau operating system tertentu
  • Web based tidak banyak memerlukan program yang akan diinstal di sisi client sedangkan desktop based  harus melakukan instalasi program sesuai aplikasi yang dijalankan.

Aplikasi Berbasis Web

Keunggulan :

  1. Kita dapat menjalankan aplikasi berbasis web dimanapun kapanpun tanpa harus melakukan penginstalan.
  2. Terkait dengan isu lisensi (hak cipta), kita tidak memerlukan lisensi ketika menggunakan web-based application, sebab lisensi telah menjadi tanggung jawab dari web penyedia aplikasi.
  3. Dapat dijalankan di system operasi manapun. Tidak perduli apakah kita menggunakan linux, windows, aplikasi berbasis web dapat dijalankan asalkan kita memiliki browser.
  4. Dapat diakses lewat banyak media seperti: computer, handheld dan handphone yang sudah sesuai dengan standard WAP.
  5. Tidak perlu spesifikasi computer yang tingggi untuk menggunakan aplikasi berbasis web ini, sebab prosesnya ringan karena dijalankan oleh web server lokal, yang penting browsernya bisa jalan…hehehhehe.
  6. Bisa digunakan pada komputer lokal dan dapat juga digunakan pada jaringan internet.

Aplikasi Berbasis Desktop

Keunggulan

  1. Dapat berjalan dengan independen, tanpa perlu menggunakan browser.
  2. Tidak perlu koneksi internet, karena semua file yang diperlukan untuk menjalankan aplikasinya sudah terinstall sebelumnya.
  3. Dapat dengan mudah memodifikasi settingannya.
  4. Prosesnya lebih cepat.

Kekurangan

  1. Apabila akan menjalankan aplikasi, harus diinstal terlebih dahulu di komputer.
  2. Bermasalah dengan lisensi. Hal ini membutuhkan lisensi yang banyak pada setiap computer
  3. Aplikasi tidak dapat dibuka di computer lain, jika belum diinstall
  4. Biasanya memerlukan hardware dengan spesifikasi tinggi.
Scroll to Top