Error Berbunyi �Fatal Error: Allowed memory size � bytes

Barangkali Anda pernah menjumpai error saat mengimport data dengan pemrgraman PHP : ” Fatal Error: Allowed memory size of …. bytes exhausted (tried to allocate … bytes) in 

sewaktu menjalankan aplikasi web, hal ini disebabkan sewaktu memproses data, jumlah memori yang dibutuhkan tidak sesuai dengan banyaknya data.
 
Biasanya error ini muncul ketika melakukan proses data yang cukup besar, yang jumlahnya ribuan atau puluhan ribu. Solusinya adalah dengan mengubah konfigurasi pada PHP nya (file php.ini)
 
Jika Anda menggunakan AppServ, silakan klik:
START – PROGRAMS – APPSERV – CONFIGURATION SERVER – PHP EDIT THE php.ini CONFIGURATION FILE.
 
Kemudian cari baris yang tertulis
memory_limit = …
Tambahkan nilai pada memory limit tersebut misalkan 128M atau 256M. Secara default untuk AppServ, memory limit diberi nilai 8M. Sehingga setelah dimodifikasi baris di atas menjadi
memory_limit = 128M
 
Simpan kembali file php.ini nya, kemudian restart Apache dengan cara klik:
START – PROGRAMS – APPSERV – CONTROL SERVER BY SERVICE – RESTART APACHE
 
Sedangkan jika Anda menggunakan XAMPP, file php.ini terletak di direktori C:xamppphp. Editlah file tersebut dengan NOTEPAD atau tools lainnya. Lalu restart  dengan cara mematikan dahulu Apachenya melalui XAMPP Control Panel kemudian nyalakan lagi Apachenya.
 
Jika setelah ditambah memory limitnya ternyata masih muncul error yang sama, maka silakan tambah kembali nilai memory limitnya dengan cara-cara di atas sampai tidak muncul lagi error yang sama.
Scroll to Top